Logo Bloomberg Technoz

GOTO misalnya. Pada 22 September kemarin, volume transaksi hanya sejumlah 1,05 miliar saham. Harganya saat itu parkir di level yang sama Rp87/saham.

Untuk saham BELI, volume perdagangan sejak pagi ini memang masih menjadi yang tertinggi sejak kemarin Jumat (22/9/2023). Pada periode ini, volume transaksi hanya 140 ribu. Cuma memang, harga saat ini masih parkir di harga yang sama, pada Rp452/saham.

Pemerintah Larang TikTok Berjualan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2023 mengenai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) akan terbit besok, Selasa (26/9/2023).

Pada kesempatan yang sama, Zulhas memastikan penandatangan Permendag tersebut akan dilakukan sore hari ini.

"Sore ini saya tanda tangani, revisi Permendag 50/2020 menjadi Permendag nomor sekian tahun 2023," terang Zulkifli Hasan usai rapat internal kabinet di Istana Negara, Senin (25/9/2023).

Zulhas menyebut salah satu revisi Permendag tersebut adalah pengaturan tentang kegiatan media sosial-yang kini mulai diatur dan dibatasi. Media sosial, kata Zulhas, dilarang untuk melakukan transaksi langsung terkait dengan jual beli.

"Media sosial hanya boleh memfasilitasi promosi barang dan jasa, tidak boleh transaksi langsung," lanjut Zulhas.

Zulhas menegaskan media sosial tidak boleh melakukan aktivitas perniagaan sehingga algoritma pengguna internet tidak dikuasai, semata-mata mencegah data pribadi untuk digunakan dalam kepentingan bisnis.

"Dan, nilai transaksi barang di bawah US$100. Semua ini akan ditandatangani dalam revisi Permendag," ujar Zulhas.

"Kalau melanggar, akan ada surat (dari Kemendag) ke Kominfo untuk ditutup," tegas Zulhas.

Akan tetapi, Zulhas tidak menyebut secara gamblang media sosial tertentu terkait dengan penerbitan Permendag ini. Walau demikian, ramai pemberitaan terkait TikTok (TikTok Shop) belakangan ini menjadi sorotan karena memainkan peran ganda sebagai media sosial bersamaan dengan perniagaan. Aktivitas itu dikenal sebagai social-commerce

(fad/frg)

No more pages