Logo Bloomberg Technoz

Hasto Sebut Nama Cawapres Ganjar Sudah di Kantong Megawati 

Pramesti Regita Cindy
25 September 2023 14:30

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Dok Sultan Ibnu/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, nama bakal calon wakil presiden (cawapres) dari koalisi pengusung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tinggal tunggu waktu diumumkan. Menurut dia, nama pendamping Ganjar dalam kontestasi Pemilu 2024 tersebut sudah berada di Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Terkait dengan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati," kata Hasto seperti dikutip dariakun X PDI Perjuangan, Senin (25/9/2023).

Menurut dia, penetapan nama cawapres sudah melalui konsultasi, diskusi, dan pembahasan antara Megawati dengan anggota koalisi yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo dan Partai Hanura. Dia juga mengklaim, Megawati juga mengajak dialog sejumlah tokoh nasional untuk mempertimbangkan kriteria dan nama bakal cawapres. 

Bahkan, salah satu yang diajak dalam diskusi dan pembahasan intens tersebut adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. "Bahkan, telah berulangkali berdialog dengan Jokowi," ujar Hasto.

Meski demikian, Hasto enggan memberikan informasi kepastian rencana atau jadwal pengumuman nama bakal cawapres bagi Ganjar. Meski demikian, PDIP dan Koalisi memang harus segera bersepakat sebelum akhir masa pendaftaran capres-cawapres di KPU.