Logo Bloomberg Technoz

Untuk pertama kalinya, produsen perangkat yang berbasis di Cupertino ini meluncurkan iPhone 15 buatan India bulan ini pada hari peluncuran globalnya.

Persebaran supplier Apple di dunia. (Dok Bloomberg)

Sementara itu, India ingin mengembangkan industri elektroniknya menjadi US$300 miliar pada tahun 2026. Salah satu bidang yang ingin didorong adalah smartphone, mengingat dorongan dunia untuk mengurangi ketergantungan pada rantai pasokan dari China. Seperti disampaikan menteri junior bidang Teknologi India, Rajeev Chandrasekhar, kepada Bloomberg TV pada awal bulan ini.

Diketahui, Perdana Menteri Narendra Modi telah berusaha untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan Amerika Serikat (AS) dengan target menjadikan negaranya sebagai pusat manufaktur.

Apple memproduksi iPhone lewat pemasoknya, Foxconn Technology Group. Aksi Apple diambil setelah melihat perkembangan ketegangan antara Washington dan Beijing perihal kerja sama perdagangan, yang semakin sulit diprediksi.

Toko ritel Apple di India. (Dok: Bloomberg)

Perangkat rakitan India untuk iPhone 14 sebelumnya terbilang minim, dan seri terbaru diprediksi akan jauh lebih besar terjadi di fasilitas perusahaan di Tamil Nadu, India.

Skala produksi India iPhone 15 akan bergantung pada ketersediaan komponen, yang sebagian besar diimpor, dan kelancaran jalur produksi di pabrik Foxconn di luar wilayah Chennai. 

Apple terus berekspansi di India melalui para pemasoknya di Taiwan. Mereka berburu insentif keuangan yang dijanjikan pemerintahan Modi untuk membawa lebih banyak manufaktur kelas atas.

India juga memiliki jejak bagus dalam penjualan produk Apple, tidak hanya sebagai basis produksi. Penjualan produk Apple India mencapai US$6 miliar atau setara Rp87,9 triliun, menjadi  tertinggi sepanjang sejarah.

Suasana hari pertama penjualan smartphone apple iPhone 15 di Mumbai, India, Jumat (22/9/2023). (Dhiraj Singh/Bloomberg)

Capaian ini terjadi pada periode awal tahun hingga Maret. Hasil penjualan di India mengalami kenaikan 50%, dari US$ 4,1 miliar pada posisi tahun lalu, kata salah seorang sumber yang mengetahui pencapaian Apple India, dilaporkan Bloomberg News bulan April.

Atas dasar itulah CEO Apple Tim Cook baru saja berkunjung ke India untuk meresmikan toko ritel pertama perusahaan. Langkah  Cook adalah mempercepat pertumbuhan bisnis di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa tersebut.

Sebelumnya produk Apple baik komputer maupun smartphone punya pangsa pasar yang kecil di India. Faktor harga yang mahal jadi alasannya.

—Dengan asistensi Mark Gurman, Debby Wu, dan Sankalp Phartiyal.

(wep/wdh)

No more pages