Logo Bloomberg Technoz

Bambang Suswantono, Pensiunan TNI yang Jadi Komisaris Pertamina

Sultan Ibnu Affan
25 September 2023 13:00

Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Bambang Suswantono. (Dok Humas ESDM)
Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Bambang Suswantono. (Dok Humas ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menunjuk Bambang Suswantono menjadi komisaris PT Pertamina (Persero) menggantikan Rida Mulyana yang telah memasuki masa pensiun. Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif melantik purnawirawan bintang tiga TNI Angkatan Laut ini sebagai Inspektur Jenderal lembaganya, 31 Juli 2023.

Erick menunjuk mantan Komandan Akademi Angkatan Laut (AAL) ini menjadi komisaris berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), akhir Juli 2023. Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-263/MBU/09/2023 untuk mengangkat Bambang pun diteken pada 22 September 2023.

Selain Komisaris Pertamina dan Irjen ESDM, Bambang juga memiliki jabatan strategis lainnya. Menteri Arifin juga meminta mantan Komandan Paspampes menjadi pejabat pelaksana tugas (plt) Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) ESDM. Kementerian tersebut belum menemukan pengganti Ridwan Djamaluddin yang pensiun dan kemudian menjadi tersangka korupsi izin tambang. Jabatan plt ini sempat diberikan kepada Kepala Biro Hukum ESDM, Muhammad Idris Froyote Sihite. Akan Tetapi, namanya berulang kali dihubungkan dengan kasus di KPK, korupsi dan etik.

Bambang adalah perwira TNI yang aktif dalam ruang pertahanan laut Republik Indonesia. Ia mengawali pendidikannya di Akademi Angkatan Laut dan lulus pada 1987. Dia juga tercatat memiliki gelar akademisi S1 di bidang Hukum dan S2 bidang Pertahanan.

Setelah itu, marinir kelahiran 25 Juli 1965 ini juga pernah ditugaskan dalam Satgas Rajawali Pemburu Timor Timur pada 1995-1996, Satgas PPRM Ambon 1999-2000, Satgas Natuna 1991, Satgas Yonif 7 Marinir di Aceh 2004-2005. Lalu, pada 2007, Bambang menjabat sebagai Perwira Pembantu Asisten Operasi Komandan.