Logo Bloomberg Technoz

Daftar Program Bakal Capres Prabowo-Ganjar-Anies, Mari Bandingkan

Pramesti Regita Cindy
25 September 2023 12:40

Peta Politik dan Dukungan Capres Terbaru 2024 (Bloomberg Technoz)
Peta Politik dan Dukungan Capres Terbaru 2024 (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masing-masing bakal calon presiden (capres) mulai menggaungkan program yang rencananya akan diusung jika terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut yang disampaikan Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Dalam acara di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada Selasa (19/9/2023) ketiganya berbicara tentang hal-hal yang akan mereka lakukan.

Dalam hal-hal tertentu, secara umum bisang-bidang dan isu yang menjadi perhatian bakal capres tak begitu jauh berbeda. Misalnya, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto mengusung isu soal pemerataan ekonomi hingga pemberantasan kemiskinan. Hal tersebut juga menjadi perhatian bakal capres Ganjar Pranowo dari koalisi PDIP tersebut. Soal pemerataan ekonomi juga disampaikan oleh Anies Baswedan, bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Untuk sementara ini, berikut rincian program yang dibayangkan para bakal capres dan akan mereka usung jika menguasai pemerintahan:

Prabowo Subianto:

  1. Pendidikan: membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten, melanjutkan kartu Indonesia pintar, menaikkan gaji guru
  2. Pangan: mendirikan lumbung pangan
  3. Kesehatan: melanjutkan program kartu Indonesia sehat, memberikan bantuan gizi untuk ibu hamil
  4. Birokrasi: menaikkan gaji ASN, TNI, polri dan kepala desa dan perangkat desa
  5. Pertanian: menjamin ketersediaan pupuk dan pestisida 
  6. Ekonomi: menyempurnakan keuangan negara dengan meningkatkan penerimaan dan mencapai penerimaan yang optimal, menguatkan UMKM, melanjutkan hilirisasi
  7. Sosial: Memberantas kemiskinan, membangun rumah murah untuk masyarakat desa dan rakyat miskin
  8. Politik, hukum dan keamanan: memberantas korupsi, memberantas korupsi dan memeratakan reformasi politik hukum.

Ganjar Pranowo: