Logo Bloomberg Technoz

Kapal Tua Pelni & Dilema Pengadaan Kapal Rp 3 T Rentan Korupsi

Angga Indrawan
25 September 2023 11:00

KM Kelud. Salah satu armada kapal penumpang milik PT Pelni (Persero). (Foto: Pelni)
KM Kelud. Salah satu armada kapal penumpang milik PT Pelni (Persero). (Foto: Pelni)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pelni (Persero) mengungkapkan kondisi belasan kapal yang sudah berumur lebih dari 25 tahun yang masih beroperasi mengangkut penumpang. Persero mengungkapkan kebutuhan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp3 triliun tahun depan untuk pembelian kapal baru.

"12 dari total 26 kapal penumpang telah berusia di atas 30 tahun, 14 kapal berusia antara 15-30 tahun.  Kapal yang kami termuda (berusia) 15 tahun," ujar Direktur PT Pelni, Tri Andayani dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI, Selasa (19/9/2023).

Usulan PMN Rp3 triliun, ungkap Tri Andayani, dilatarbelakangi bahwa Pelni menjadi satu-satunya perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pelayaran kapal penumpang yang dapat penugasan pemerintah melalui skema PSO (public service obligation). 

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio menilai permintaan Pelni terhadap pembelian kapal penumpang baru, tak serta merta cuma dengan alasan usia kapal yang sudah tua. Agus mengingatkan Pelni mesti menyertai studi dan kajian yang matang.

"Setiap pengajuan, harus membutuhkan ada analisa teknis dan kajian secara ekonomis," ujar Agus saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (25/9/2023).

KM Kelud milik PT Pelni (sumber: Pelni)