Logo Bloomberg Technoz

Masalah kebutuhan insinyur juga disampaikan Senior Project Manager PT Meindo Elang Indah, Arc Steven. Dia mengatakan, perusahaannya mempunyai 60 insinyur. Sayangnya hanya 30-40 % yang masih berumur di bawah 60 tahun. Menurut dia, digitalisasi karena itu akan membantu pergerakan kebutuhan insinyur migas saat ini. 

“Ada beberapa proyek yang mensyaratkan posisi engineer harus diisi orang Indonesia,” ujar dia. 

Berdasarkan data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), pada 2023 jumlah pekerja di KKKS sebanyak 19 ribu. Untuk meningkatkan produksi pada tahun 2030 namun dibutuhkan tambahan pekerja sekitar 4 ribu. Pada akhir tahun 2022, sebanyak 21% pekerja sudah berusia di atas 51 tahun.

Sebagai mitra kontraktor, SKK Migas mencoba ikut terlibat menanganinya.

Salah satu penunjang untuk memenuhi kebutuhan kontraktor, SKK Migas membuat Indonesian Oil and Gas E-Commerce (IOG E-Commerce). Sebagaimana e-commerce pada umumnya, IOG E-Commerce mudah untuk diakses dan digunakan. Sistem ini akan menampilkan produk-produk unggulan dari penyedia-penyedia yang telah bekerja sama dengan kontraktor KKS (KKKS). Saat ini lebih dari 1.000 produk telah terdaftar pada IOG E-Commerce ini. Sistem ini pun sudah memfasilitasi proses order tracking yang lebih cepat dan mudah.

“Hadirnya IOG E-Commerce ini membawa sejumlah manfaat bagi kegiatan pengadaan barang dan jasa di kontraktor KKS, antara lain membuat kegiatan pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif, efisien, kompetitif, adil dan bertanggung jawab,” ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

(ezr)

No more pages