Logo Bloomberg Technoz

Sementara EVP Gas & Low Carbon Energy bp Anja Isabel Dotzenrath dalam forum yang sama mengatakan, saat ini perusahaan energi dunia ini sedang mengembangkan proyek CCUS di Kilang LNG Tangguh di Papua. Pada tahap awal, proyek ini diharapkan dapat menginjeksikan kembali lebih dari 30 juta ton CO2 ke dalam reservoir sehingga mampu menurunkan emisi dari kilang Tangguh sebesar 50%. 

Lalu, Senior Vice President Business Development ExxonMobil Indonesia, Egon van der Hoeven mengatakan bahwa perusahaan ini sedang mengkaji pengembangan CCS di cekungan Sunda Asri yang berlokasi di arah tenggara Lampung. Posisi Sunda-Asri  dikelilingi oleh pusat emisi yang berada di Sumatra Selatan dan Cilegon (Banten) sehingga mendukung dekarbonisasi pada industri-industri tersebut. Posisi Sunda-Asri dianggap memiliki keunggulan strategis dalam jalur transportasi karbon internasional, sehingga membuat cekungan ini memiliki potensi menjadi sentra manajemen karbon global.

Antusiasme pengembangan CCS dan CCUS juga tergambar dalam beberapa kesepakatan kerja sama yang ditandatangani selama gelaran ICIUOG 2023. Kesepakatan-kesepakatan tersebut adalah MoU antara bp dan Pertamina (KPI) untuk mendukung kajian proyek blue amonia biru yang mencakup potensi pasokan gas 90 mmscfd dari Tangguh dan potensi injeksi CO2 di Tangguh melalui Tangguh CCUS; MoU SKK Migas – Japex terkait “Pengembangan dan Pelaksanaan Hub dan Cluster CCS/CCUS di Republik Indonesia; Carbon Capture and Storage (CCS) Head of Agreement (HoA) antara Medco E&P Grisik Ltd (MEPG) dan Repsol Sakakemang; dan MOU Studi Carbon Capture and Storage  (CCS) West Natuna antara Medco Energy, Sembcorp dan Storegga.

Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 2/2023 tentang Penangkapan Karbon Penyimpanan (CCS) dan Penangkapan Karbon Pemanfaatan dan Penyimpanan (CCUS) di industri hulu minyak dan gas. Peraturan ini mengatur empat fokus untuk pelaksanaan CCS-CCUS di industri hulu minyak dan gas yaang mencakup aspek teknis, skenario bisnis, aspek hukum, dan aspek ekonomi. 

(ezr)

No more pages