Logo Bloomberg Technoz

Spesifikasi Bandara di IKN yang Berstatus VVIP

Yunia Rusmalina
24 September 2023 13:30

Ilustrasi Bandara. (Raul Ariano/Bloomberg)
Ilustrasi Bandara. (Raul Ariano/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan ini Presiden Jokowi meninjau dan meresmikan pembangunan infrastruktur pertama milik swasta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dalam tahap awal pembangunan IKN Nusantara, pemerintah akan menjanjikan hadirnya fasilitas bandara.

Menurut Budi Karya Samadi, Menteri Perhubungan bandara di IKN berstatus VVIP dengan panjang landasan (runway) 3.000 x 45 meter. Bandara akan mampu menjadi pendaratan pesawat berbadan besar (Wide Body).

Lebih rinci Budi menyampaikan jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380 bisa diakomodasi oleh bandara VVIP di IKN. Ini masih ditambah kemampuan menampung kapasitas apron tiga pesawat berbadan besar,  satu  pesawat berbadan kecil (Narrow Body); atau tujuh pesawat berbadan kecil (Narrow Body); serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.

Terminal Bandara VVIP IKN berada di areal seluas lahan seluas 7000 m2 dengan kawasan VVIP sekitar 1500 m2. Target penyelesaian pembangunan bandara adalah satu tahun.

Kini proses tender tengah disiapkan dan gambar perencanaan bandara memasuki proses finalisasi. Budi menegaskan pembangunan bandara VVIP di IKN pada awal November.