Logo Bloomberg Technoz

“Kalau tidak, pasti saya dikomplain,” terang dia. Sebagai bukti perkataannya, Jokowi pada Kamis ikut groundbreaking pembangunan hotel bintang 5 pertama milik Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang digawangi oleh Sugianto Kusuma.

Progres pembangunan komplek pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Di dalam konsorsium ASG berkumpul banyak konglomerat nasional, beberapa diantaranya adalah grup Salim, Sinarmas, Wings, Pulauintan, Barito Pacific, Astra, dan lainnya.

Pada minggu ini diketahui selain meresmikan hotel ASG bernilai Rp20 triliun, Jokowi juga melaksanakan groundbreaking training center milik federasi sepak bola Indonesia (PSSI) yang berstandar FIFA. Dana pembangunan diambil dari APBN sebesar Rp95 miliar.

Komplek hunian ASN di Penajam Paser Utara. (Dok: Bloomberg)

Pembangunan National Training Center di atas lahan IKN seluas 34,5 hektar sebelumnya diklaim mendapat bantuan dari FIFA dengan skema dana hibah Rp85,6 miliar.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bilang proyek akan selesai dalam waktu enam bulan, lebih cepat 60 hari dari yang dijanjikan.

Progres pembangunan ragam fasilitas di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)

Dalam jangka pendek menengah pemerintah juga terus membangun sarana infrastruktur pendukung di IKN, termasuk bandara dan jalan tol. Kedua infrastruktur ini ditargetkan selesai 2024.

Progres pembangunan komplek pemerintahan pusat di IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Tol Balikpapan ke IKN dan bandara sudah mulai dibangun, dan jika telah beroperasi waktu perjalanan terpangkas menjadi 30 menit. Pada kondisi normal hari ini, perjalanan Balikpapan menuju IKN membutuhkan waktu 1,5-2 jam.

Komplek hunian ASN di Penajam Paser Utara. (Dok: Bloomberg)

Sementara saat bandara IKN selesai, Jokowi dalam konferensi persnya, Kamis, menegaskan waktu perjalanan menuju Penajam Paser Utara hanya 15 menit.

“Kira-kira 15 menit dari bandara menuju ke sini dan kita harapkan juga nanti di bulan Juli, maksimal awal Agustus itu sudah bisa diselesaikan,” tegas dia.

(wep)

No more pages