Logo Bloomberg Technoz

Melihat Progres Pengerjaan IKN Terbaru

Whery Enggo Prayogi
24 September 2023 10:23

Pembangunan istana presiden di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)
Pembangunan istana presiden di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta  —Mega proyek pemerintahan Presiden Joko Widodo berupa pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus berlangsung.

Progresnya diklaim on track, dengan  pembangunan kantor presiden di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu, sudah mencapai 38% hingga akhir September 2023. 

Progres pembangunan komplek pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Dalam kesempatan kunjungan tengah pekan ini, Jokowi bahkan mengklaim IKN telah diminati ratusan investor dari dalam dan luar negeri. Secara khusus Jokowi menyatakan 190 investor asing telah melirik IKN.

Terbanyak dari Singapura sejumlah 120 investor. Terdapat pula dari Uni Emirat Arab (UEA), bahkan perwakilan negara telah datang ke IKN.

Pembangunan istana presiden di IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)

Seluruh investor, yang berasal dari dalam dan luar negeri, diklaim akan menyuntikkan dana di berbagai proyek di IKN. Pemerintah pada tahap awal memprioritaskan pengusaha dalam negeri terlebih dahulu.

Presiden Jokowi di proyek pembangunan IKN Nusantara. (Dok: Bloomberg)