Logo Bloomberg Technoz

Adapun, produk olahan rotan yang diekspor terdiri dari Kode HS 460122, 460193, 460212 yang merupakan produk anyaman rotan dan 940153, 940383 yang merupakan produk furnitur rotan. 

Kinerja penghiliran rotan tersebut meningkat bila dibandingkan dengan ekspor rotan olahan pada 2020 yang tercatat pada angka US$158,48 juta.

Untuk mengatasi masalah bahan baku tersebut, Kemenperin pun berusaha melakukan integrasi data dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. 

Nantinya, data tersebut akan memberikan informasi ihwal lokasi bahan baku serta total bahan baku yang tersedia di wilayah tersebut.

Dengan demikian, pelaku usaha cukup menggunakan data yang telah terintegrasi tersebut untuk mengetahui lokasi bahan baku dan total bahan baku yang tersedia di wilayah tersebut.

“Itu ke depannya akan mudah apabila interkoneksi ini bisa diwujudkan. Memang saat ini masih dalam tahap penjajakan, tahap awal, tetapi kami optimistis ini akan terlaksana karena memang diskusinya sudah cukup lama, sudah cukup intens dan ditargetkan akhir tahun ini sudah ada cikal bakal dari interkoneksi data ini,” ujarnya.

“Jadi harapannya sediaan bahan baku, informasinya dengan 1 klik aja bisa terlihat di interkoneksi itu."

(dov/wdh)

No more pages