Logo Bloomberg Technoz

Brasil juga tertarik untuk menghidupkan kembali forum tersebut, kata para pejabat, dan memandangnya sebagai aspek permanen dari hubungan yang perlu difungsikan.

Kedua pemerintah akan membahas kemungkinan tanggal pertemuan antara Wakil Presiden Brasil Geraldo Alckmin dan Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin, yang bersama-sama memimpin komisi tersebut, menurut para pejabat.

Kementerian Luar Negeri Rusia tidak menanggapi email yang meminta komentar mengenai komisi tersebut. Kantor Alckmin tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang kemungkinan pertemuan dengan Mishustin.

Sejak menjabat pada Januari, Lula telah berusaha untuk memposisikan Brasil sebagai negara netral yang dapat mempertahankan hubungan dengan Rusia dan Ukraina dan membantu menengahi perundingan perdamaian – sebuah sikap yang ia dan para penasehatnya katakan sejalan dengan pendekatan kebijakan luar negeri tradisional Brasil.

Namun, strategi tersebut terkadang membuat kesal Ukraina dan sekutu Baratnya, sehingga menimbulkan skeptisisme terhadap netralitas yang dinyatakannya. Klaim Lula yang berulang-ulang bahwa Zelenskiy dan AS saling menyalahkan atas perang pada April membuat juru bicara pemerintahan Biden menuduhnya “meniru propaganda Rusia dan China.”

Pertemuan dengan Zelenskiy, yang merupakan bagian dari upaya Ukraina untuk menggalang dukungan global bagi serangan balasan guna mengusir invasi Rusia, merupakan salah satu hal penting dalam KTT PBB. 

Upaya sebelumnya untuk bertemu ketika keduanya diundang ke KTT negara-negara kaya Kelompok 7 di Jepang pada Mei gagal, sementara panggilan video pada Maret sebagian besar gagal meredakan ketegangan.

Meskipun ada perselisihan sebelumnya, para pemimpin pulang dari pertemuan tersebut dengan pemahaman yang lebih baik mengenai posisi masing-masing, kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba kepada wartawan di New York. Lula dan Zelenskiy juga berjanji untuk terus menjaga kontak.

Namun, Brasil juga telah menegaskan niatnya untuk terus berbicara dengan kedua belah pihak. Setelah bertemu dengan Zelenskiy, Vieira mengatakan kepada wartawan bahwa Lula akan terbuka untuk pertemuan serupa dengan Vladimir Putin jika pemimpin Rusia itu tertarik.

“Presiden Lula telah bertemu Presiden Putin berkali-kali di masa lalu,” kata Vieira. “Jika ada kemungkinan itu, saya yakin mereka akan bertemu.”

(bbn)

No more pages