Logo Bloomberg Technoz

KLM Kecam Parlemen Belanda Terkait Usulan Pajak Penumpang Transit

News
22 September 2023 21:00

Bandara Schiphol Belanda. (Sumber: Bloomberg Technoz)
Bandara Schiphol Belanda. (Sumber: Bloomberg Technoz)

April Roach - Bloomberg News

Bloomberg, Maskapai asal Belanda, KLM memperingatkan usulan majelis rendah parlemen Belanda yang akan memberikan pajak terhadap penumpang yang melakukan pergantian pesawat dapat merugikan koneksi penerbangan di Belanda. Di mana hub Amsterdam Schiphol telah memainkan peran besar dalam menghubungkan para pelancong global.

Usulan-usulan tersebut, yang mencakup pemberian pajak pesawat jet pribadi, disetujui oleh mayoritas anggota parlemen Belanda pada hari Kamis. Langkah-langkah ini bertujuan untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk mengurangi tagihan energi bagi rumah tangga di Belanda.

Air France-KLM cabang Belanda mengatakan bahwa Belanda merupakan negara pertama di dunia yang mengusulkan jenis pajak seperti ini. Dan memperingatkan hal ini akan memiliki dampak “merugikan” pada konseksi penerbangan dari Belanda.

Pihak maskapai mengatakan harga tiket akan naik sekitar €80 ($85) hingga €100 mulai Januari tahun depan dan para pelancong di Belanda mungkin tidak lagi dapat terbang langsung ke tujuan tertentu dari Bandara Schiphol Amsterdam.