Logo Bloomberg Technoz

Keunggulan Shopee sebagai platform belanja online terfavorit masyarakat Indonesia juga dikukuhkan oleh survei yang dipublikasikan oleh Ipsos pada tahun 2023. Sebanyak 62% responden dari survei tersebut, memilih Shopee sebagai platform untuk berbelanja secara online karena banyaknya promo dan diskon yang secara konsisten diberikan hingga saat ini.

Sebagai pelopor promo tanggal kembar, Shopee konsisten memberikan berbagai penawaran menarik di setiap bulannya, khususnya di beberapa kampanye besar bulanan seperti 9.9 Super Shopping Day, 10.10 Brands Festival, 12.12 Birthday Sale sekaligus Promo Hari Belanja Online Nasional. Pembeli online dapat dengan mudah menemukan promo maupun diskon terbaru melalui menu Notifikasi dan Promo Shopee.

Hadir sejak 2015, Shopee telah memberikan promo, diskon, hingga cashback. Lantas, promo-promo apa saja yang menjadi favorit masyarakat Indonesia dalam berbelanja di Shopee?

Promo gratis ongkir jadi promo yang paling diburu oleh pembeli. Melalui riset Populix bertajuk ‘'Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia' pada bulan Juni lalu, 91% pembeli memanfaatkan promo gratis ongkir. Di setiap bulan, Shopee memberikan promo gratis ongkir tanpa minimum pembelian hingga Rp0.

Sementara itu dalam riset yang sama, pembeli juga memburu diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%). Bukan hanya para pembeli, para penjual yang menjajakan dagangannya di Shopee juga mendapatkan ‘durian runtuh’ dari promo dan diskon yang ditawarkan oleh marketplace oren ini.

Salah satu penjual yang merasakan manfaat tersebut adalah Syafiun Najib (25). Pria asal Pati, Jawa Tengah tersebut mau tidak mau memutar otak setelah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi Covid-19. Ia pun memutuskan menjual produk dekorasi dinding berupa kaligrafi agar bisa memiliki penghasilan selama pandemi.

Dirinya memilih Shopee sebagai platform berjualan online karena pelanggannya di Instagram selalu meminta ketersediaan bertransaksi melalui Shopee. Dari situ, ia membuka toko Dipajang.id di Shopee. Syafiun menambahkan, dirinya merasakan adanya peningkatan intensitas penjualan produk dekorasi dinding kaligrafi miliknya setelah mencoba fitur promo paket combo atau special bundle yang diberikan Shopee.

“Awal-awal lewat promo 3.3 dan 4.4 mulai ada puluhan yang beli produk kaligrafi kami. Terus lewat fitur paket combo, alhamdulillah penjualan kaligrafi meningkat drastis, bisa sampai 600 orderan lebih per bulannya,” tutur Syafiun.

Berkat beragam promo serta diskon yang menarik, Syafiun mampu mengantongi omzet hingga puluhan juta tiap bulannya. Bahkan, ia mengaku senang produk kaligrafinya bisa dikenal konsumen mancanegara seperti Singapura dan Malaysia.

Dengan kampanye tematik, promo tanggal kembar, serta fitur diskon dan cashback, menarik banyak pembeli untuk berkumpul dan memilih Shopee sebagai platform marketplace favorit untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pembeli.

Hal ini dinilai menjadi potensi yang besar bagi Shopee untuk memperkuat posisinya sebagai marketplace yang memberikan keuntungan baik bagi para pembeli maupun penjual, karena menstimulasi pertumbuhan bisnis yang positif bagi mereka berjualan secara online.

(tim)

No more pages