Logo Bloomberg Technoz

Bongkar Rahasia Shopee Terus Jadi Pilihan Penjual & Pembeli di RI


Ilustrasi E-Commerce (Dok. Istimewa)
Ilustrasi E-Commerce (Dok. Istimewa)

Jakarta - Scrolling aplikasi marketplace dan memilah-milih belanjaan untuk dibeli, menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Ya, di era digital ini, belanja online menjadi salah satu kebiasaan lumrah yang dilakukan oleh masyarakat terutama di Indonesia.

Selain karena kemudahan berbelanja tanpa harus keluar rumah, sejumlah ecommerce juga berlomba-lomba memberikan sejumlah promo dan diskon besar-besaran, hingga fitur yang membuat pengguna merasa aman dan nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut alasan utama masyarakat berbelanja secara online. Alasan tersebut antara lain, adanya diskon dan promo (29,24%), harga jauh lebih murah (20,72%), lebih cepat dan praktis (17,87%), bisa dilakukan di mana saja (15,77%), hemat waktu (8,26%), mudah membandingkan barang yang akan dibeli dan banyak pilihan harga (8,14%).

Dari keenam faktor tersebut, e-commerce manakah yang paling menjadi favorit para pengguna dan apa alasannya?

Survei yang dilakukan kepada lebih dari delapan ribu responden tersebut menunjukkan bahwa Shopee, mendapat peringkat pertama dengan persentase 56,04%, sebagai marketplace favorit pembeli. Menyusul kemudian e-commerce lain di bawahnya.