Logo Bloomberg Technoz

Pasang Bilah Garuda, Jokowi: Kantor Presiden di IKN Sudah 38%

Fransisco Rosarians Enga Geken
22 September 2023 15:30

Presiden Jokowi memasang bilah pertama Garuda pada calon Kantor Presiden di IKN. (Dok. Setpres RI)
Presiden Jokowi memasang bilah pertama Garuda pada calon Kantor Presiden di IKN. (Dok. Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasang bilah atau modul pertama pada calon gedung yang akan berbentuk Burung Garuda di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sesuai desain Seniman Nyoman Nuarta, kompleks istana kepresidenan seluas 55,7 hektar di IKN akan dilengkapi dengan gedung berbentuk burung garuda yang sedang mengepakan sayap. Gedung yang akan bernama Istana Garuda tersebut adalah ikon utama kompleks istana kepresidenan. 

"Masih sesuai dengan rencana. Saya kita bangunan-bangunan seperti kantor presiden, istana presiden, dan kementerian masih dalam target semua," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023). "Sudah mencapai 38%."

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti juga membenarkan progres pembangunan kantor presiden di IKN sudah mencapai 38% hingga akhir September 2023. Pembangunan tersebut akan berlanjut usai Jokowi memasang bilah-bilah gedung yang didesain serupa sayap Burung Garuda.

"Kita sudah mulai memasang bilah-bilah,” ujar Diana.

Menurut dia, Istana Garuda akan memiliki 465 modul yang terdiri dari 4.650 bilah. Kementerian PUPR menargetkan akan menyelesaikan pemasangan seluruh modul gedung tersebut pada Maret 2024. Jika sudah terpasang, ikon Istana Kepresidenan ini akan memiliki bentangan serupa sayap sepanjang 177 meter, lengkungan 239 meter, dan tinggi 77 meter.