Logo Bloomberg Technoz

ESDM Beri Sinyal Penambang Asing Bakal Masuk Blok Warim di Papua

Ezra Sihite
22 September 2023 14:40

Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Nusa DuaMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengonfirmasi Blok Warim di Papua akan segera dilelang, serta memberi isyarat akan masuknya kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) asing di luar PT Pertamina (Persero). 

Menurutnya, saat ini terdapat investor asing yang juga sedang melakukan pendalaman studi potensi cadangan minyak dan gas bumi (migas) di cekungan yang digadang-gadang sebagai harta karun baru tersebut. 

Akan tetapi, dia menolak membeberkan siapa perusahaan tambang asing yang tertarik menggarap Blok Warim tersebut. “Ada deh, [yang jelas] bule,” ujarnya saat ditemui di BNDCC Nusa Dua, Bali, Jumat (22/9/2023).

“Dahulu kan sudah ada [kajian] aeroseismik, sudah ada spot-spot-nya. Nah, sekarang ada KKKS dan memang mau melakukan pendalaman.”

Arifin menyebut Kementerian ESDM belum dapat membocorkan kapan Blok Warim akan dilelang, berikut lokasi wilayah kerja (WK) yang bakal ditenderkan. Saat ini, fokus kementerian lebih pada memacu promosi Blok Warim guna memikat investor.