Logo Bloomberg Technoz

Siasar Baru Xi Jinping Tarik Dana Investor Asing Masuk ke China

News
22 September 2023 15:00

Ilustrasi Ekonomi China (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ekonomi China (Bloomberg Technoz)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengulang kebijakan transfer uang lintas batas secara bebas bagi bisnis asing di dua kota terpentingnya. Hal ini adalah upaya untuk menarik investasi luar negeri yang merosot dan mendorong ekonomi yang melambat.

Di zona perdagangan bebas uji coba Shanghai dan area Lingang, para petugas harus memastikan investor asing dapat mentransfer dana investasi mereka masuk atau keluar dari China tanpa penundaan jika uang tersebut "nyata dan sesuai," kata otoritas di pusat keuangan itu dalam sejumlah aturan yang mulai berlaku pada 1 September.

Banyak tindakan tersebut mirip dengan yang sebelumnya diumumkan oleh pemerintah pusat, termasuk dalam pemberitahuan Juni yang diterbitkan oleh Dewan Negara, kabinet China, yang bertujuan untuk menerapkan "standar internasional tinggi" dalam administrasi zona perdagangan bebas.

Ekspatriat perusahaan asing yang berbasis di wilayah-wilayah tersebut, termasuk staf dari Hong Kong, Macau, atau Taiwan, dapat dengan bebas mengirimkan gaji dan pendapatan legal lainnya keluar dari negara sesuai hukum.