Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Klaim Ratusan Investor Asing Siap Masuk ke IKN

Fransisco Rosarians Enga Geken
22 September 2023 10:20

Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat melihat pameran proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. (Dok Setpres RI)
Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat melihat pameran proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. (Dok Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaparkan jumlah dan asal negara para investor yang sudah bersiap masuk ke proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia mengatakan, para investor ini sudah menemui dirinya dan datang melihat langsung kondisi calon Kota Nusantara.

"Jauh-jauh mereka datang ke sini (IKN), pasti ada kalkulasinya, pasti ada hitungannya," kata Jokowi seperti dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023). "Artinya mereka tertarik."

Menurut Jokowi, beberapa bulan lalu ada penyampaian minat dari sekitar 30 investor asal Korea Utara. Pada periode yang sama, sebanyak 40an investro asal Jepang juga menunjukkan minat pada proyek ibu kota baru tersebut.

Bahkan, kata Jokowi, ada lebih dari 120 pengusaha asal Singapura yang juga berminat ikut dalam pembangunan IKN. Paling terbaru, sejumlah pengusaha Uni Emirat Arab (UEA) sempat bertemu dengan Jokowi usai mengunjungi lokasi calon Kota Nusantara.

"Tapi saya bisa diprotes kalau terus investor asing. Yang utama itu investor dalam negeri," kata Jokowi.