Logo Bloomberg Technoz

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) juga mengumumkan hasil kebijakan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) edisi September 2023. Seperti dugaan, suku bunga acuan masih ditahan.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 20-21 September 2023 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,5%," tegas Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam konferensi pers usai RDG di Jakarta.

Dengan demikian, maka BI 7 Day Reverse Repo Rate berada di 5,75% selama 8 bulan berturut-turut.

BI berpandangan bahwa keputusan untuk mempertahankan suku bunga BI7DRRR ini sudah cukup untuk menjaga inflasi berada dalam kisaran target di tahun ini dan di tahun depan. 

BI juga tetap fokus mengelola stabilitas nilai tukar IDR di tengah tekanan akibat ketidakpastian pasar finansial global.

Selanjutnya, data pertumbuhan kredit perbankan pada Agustus berhasil mencapai 9,06% yoy, lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat pertumbuhan 8,54%.

Pertumbuhan kredit ditopang oleh kinerja dunia usaha perdagangan dan jasa sosial konsisten dengan pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh sektor-sektor tersier khususnya di sektor jasa.

Tercatat Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada bulan lalu tercatat sebesar 86,2%, meningkat cukup signifikan dibanding SBT Juli sebesar 45,1%.

(fad/wep)

No more pages