Logo Bloomberg Technoz

Kereta Cepat Jakarta Bandung Diberi Nama Whoosh

Dovana Hasiana
22 September 2023 09:10

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memberi nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan sebutan “Whoosh”. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penamaan ini merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan oleh pemerintah dan tim penilai, sejak Juli 2023.

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia," kata Budi dalam siaran pers, Jumat (22/9/2023). 

Tim penilai  yang melahirkan nama Whoosh dipimpin mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dengan Tim Pengarah yang berisi Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Budi, nama "Whoosh" berasal dari suara yang timbul saat kereta cepat melaju pada jalurnya. Bunyi ucapan suara tersebut cukup awam bagi masyarakat Indonesia dan internasional. Nama tersebut juga diklaim sesuai dengan penggambaran KCJB sebagai kereta tercepat di kawasan Asia Tenggara. Selain itu "Whoosh" juga merupakan akronim dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal' - sesuai identitas kereta cepat.

Selain nama, pemerintah dan tim penilai sedang menggodok calon logo KCJB atau Whoosh. Sayembara ini sebelumnya diikuti 10 agensi terpilih yang disebut punya pengalaman dan rekam jejak baik. Pemerintah kemudian memilih tiga dari 10 logo yang diajukan para kandidat. Rencananya akan dipilih satu yang terbaik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf mengungkapkan, pemberian jenama atau branding sudah menjadi kebutuhan dalam setiap program atau produk yang diluncurkan baik oleh pemerintah maupun non pemerintah. Beberapa contohnya yaitu pembuatan desain logo pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, perhelatan Asian Games, dan Ibukota Nusantara (IKN).