Logo Bloomberg Technoz

Konsorsium ASG, Termasuk Djarum Resmi Investasi Rp20 T di IKN

Dovana Hasiana
21 September 2023 21:20

Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)
Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang diketuai oleh Sugianto Kusuma atau yang akrab dipanggil Aguan hari ini, Kamis (21/9/2023), resmi melangsungkan groundbreaking pembangunan hotel bintang 5 pertama di Ibu Kota Negara (IKN). Adapun, total nilai investasi konsorsium di IKN mencapai Rp20 triliun.

Presiden Joko Widodo turut hadir untuk meresmikan groundbreaking Hotel Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Hari ini akan kita groundbreaking Hotel Nusantara bintang 5, bukan bintang 4. Bintang 5,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (21/9/2023). 

Dalam sambutannya, Jokowi optimistis banyak investor lain akan menyusul untuk menyuntikkan dana dalam mega proyek tersebut pasca groundbreaking hari ini. Sebab, groundbreaking Hotel Nusantara dianggap sebagai wujud kepercayaan investor ihwal nilai keuntungan yang akan didapatkan pasca menyuntikkan dana. 

“Beliau-beliau ini orang sangat sibuk, mau jauh-jauh kesini pasti mau nonton bener engak Nusantara, bagus engak Nusantara. Tidak mungkin [mereka] mau memulai dengan Rp20 triliun kalau tidak ada cuannya. Dipikir mereka lembaga sosial? bukan,” ujar Jokowi.