Logo Bloomberg Technoz

AS dan Uni Eropa telah berjanji untuk memberikan miliaran dana dari publik untuk membantu Ukraina membangun kembali infrastruktur kritis yang hancur akibat perang dengan Rusia yang telah berlangsung selama lebih dari setahun.

Pada Rabu sebelumnya, dalam pidato langsungnya di Dewan Keamanan PBB, Zelenskiy mengkritik Rusia atas pembunuhan puluhan ribu warganya dan mendesak agar hak veto Moskow sebagai salah satu anggota tetap badan pengambil keputusan tertinggi PBB dicabut.

Pemulihan Ukraina akan melibatkan "investasi kolosal" dan menjadi "proyek terbesar zaman ini," demikian kata Zelenskiy kepada para pemimpin global pada Juli 2022.

Negara tersebut memperkirakan butuh dana lebih dari US$750 miliar (Rp11.542 triliun) hingga tahun 2032 dalam bentuk hibah, utang, dan ekuitas - lebih dari tiga kali lipat anggaran tahunan UE. Lebih dari US$150 miliar dibutuhkan hanya untuk perumahan dan infrastruktur terkait.

JPMorgan adalah penasihat Zelenskiy dalam menarik modal swasta untuk proyek-proyek tersebut. Juru bicara dari bank yang berbasis di New York ini dan mereka yang diundang ke pertemuan tersebut menolak untuk memberikan komentar atau belum memberikan tanggapan lebih lanjut.

--Dengan asistensi Dawn Lim dan Silla Brush.

(bbn)

No more pages