Logo Bloomberg Technoz

Emily Wadhwani, direktur senior Fitch dalam laporan pada Rabu (20/09/2023) mengatakan penurunan jumlah mahasiswa serta tekanan pada prospek pertumbuhan biaya kuliah dan biaya mahasiswa menjadi benang merah dari persoalan ini dan penurunan peringkat yang telah diberikan oleh Fitch sepanjang tahun 2023.

Perusahaan pemeringkat tersebut mengatakan bahwa separuh peringkatnya untuk investasi pada entitas pendidikan tinggi memiliki prospek negatif.

“Situasi ini akan terus dipengaruhi oleh kemampuan institusi untuk mengatasi defisit struktural, tingkat fleksibilitas keuangan selama periode kontraksi sektor ini, atau kemampuan untuk menemukan mitra yang efektif,” tulis Wadhwani.

“Perguruan tinggi akan perlu secara proaktif membuat keputusan tentang program, departemen, rencana modal, dan aset yang mereka anggap paling sesuai dengan tujuan organisasi dan strategis mereka.”

Moody's Investors Service juga mengatakan pada Juni bahwa mereka memperkirakan penutupan perguruan tinggi dan universitas di AS  meningkat secara bertahap karena kesulitan keuangan, meskipun tindakan tersebut masih akan relatif jarang terjadi.

(bbn)

No more pages