Logo Bloomberg Technoz

E-Commerce Industri Hulu Migas Diluncurkan Usai Disiapkan 6 Tahun

Ezra Sihite
20 September 2023 22:06

Pembukaan International Convention on Indonesian Upstream of Oil and Gas 2023 di Nusa Dua, Bali. (Dok. SKK Migas)
Pembukaan International Convention on Indonesian Upstream of Oil and Gas 2023 di Nusa Dua, Bali. (Dok. SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Bali - Katalog digital atau digital marketplace berbasis website diluncurkan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, digital marketplace akan memudahkan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) hulu migas untuk melakukan pembelian barang dan jasa secara langsung dan daring. Sistem katalog digital ini diberi nama Indonesian Oil and Gas E-Commerce (IOG E-Commerce).

“IOG E-Commerce ini membawa sejumlah manfaat bagi kegiatan pengadaan barang dan jasa di kontraktor KKS, antara lain membuat kegiatan pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif, efisien, kompetitif, adil dan bertanggung jawab,” ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam acara International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023 (ICIUOG 2023) di Nusa Dua, Bali pada Rabu (20/9/2023) 

IOG E-Commerce diklaim mudah untuk diakses dan digunakan. Sistem ini nantinya akan menampilkan produk-produk unggulan dari penyedia-penyedia yang telah bekerja sama dengan KKKS. Saat ini sudah lebih dari 1.000 produk terdaftar pada IOG E-Commerce. Sistem ini juga memfasilitasi proses order tracking agar berproses lebih mudah dan cepat. 

SKK Migas menyatakan, proses transaksi yang berjalan cepat pada sistem ini akan meningkatkan proses produksi. Semua aliran proses disinkronisasikan sehingga proses transaksi bisa lebih efektif dan efisien. Targetnya adalah adanya transaksi bisnis antara kedua pihak yang didasari pada kepuasan pelanggan.” ujar Dwi.

IOG E-Commerce tersebut juga terintegrasi dengan sistem Centralized Integrated Vendor Database (CIVD) yang merupakan suatu sistem online untuk pelaksanaan penilaian kualifikasi penyedia barang dan jasa secara terpusat dan terintegrasi antar-KKKS dan basis hasil penilaian kualifikasi untuk aspek administrasi, Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan (K3LL), dan data kualifikasi lainnya.