Logo Bloomberg Technoz

Namun, semua fokus pada pendekatan inovatif untuk mengatasi aspek krisis iklim dan keanekaragaman hayati.

Pangeran William. (Sumber: Bloomberg)

“Kita harus tetap optimistis,” kata Pangeran William.

“Ini adalah pendorong perubahan dan inovasi terbesar,” tambahnya.

Penghargaan Earthshot didukung oleh aliansi internasional organisasi, termasuk Bezos Earth Fund, Breakthrough Energy Foundation, Jack Ma Foundation, Paul G. Allen Family Foundation, dan Marc dan Lynne Benioff.

Bloomberg LP, perusahaan induk Bloomberg News, dan Bloomberg Philanthropies adalah anggota aliansi tersebut; Michael Bloomberg adalah pemilik mayoritas dari yang pertama dan pendiri dari yang kedua.

Di antara finalisnya adalah Colorfix, sebuah startup bioteknologi berbasis di Inggris yang membuat pakaian ramah lingkungan. Secara global, produsen pakaian menghasilkan lebih banyak gas rumah kaca daripada penerbangan dan pengiriman bersama-sama. Sebagian besar hal itu terkait dengan pewarnaan kain.

Colorfix mengidentifikasi urutan DNA yang bertanggung jawab atas warna tertentu pada bulu atau tanaman, dan menerjemahkan kode genetik tersebut ke dalam mikroba.

Mikroba yang telah dimodifikasi kemudian ditempatkan dalam bioreaktor untuk berkembang melalui fermentasi, dengan cara yang sama seperti bir dibuat, menghasilkan cairan pewarna yang berwarna dalam waktu beberapa hari. Ini memungkinkan rumah-rumah pewarnaan untuk menghilangkan pigmen sintetis yang berasal dari bahan bakar fosil, sambil mengonsumsi lebih sedikit air dan energi untuk mewarnai kain. Perusahaan ini mengatakan bahwa mereka sudah memiliki pelanggan di Bosnia, Italia, dan Portugal.

Finalis lainnya, Aquacycl, mencoba membersihkan masalah metana dalam air limbah. Gas ini 80 kali lebih kuat daripada karbon dioksida, dan mengurangi emisinya dapat memberikan manfaat yang relatif cepat bagi iklim.

Pendirinya, Orianna Bretschger, mempelajari bagaimana mikroba dapat menghilangkan polutan dari air limbah dan menghasilkan listrik saat mengejar gelar doktor di University of Southern California.

Pendekatan ini menjadi dasar dari startupnya yang berbasis di California. Berbeda dengan metode pengolahan air limbah konvensional, Aquacycle mengklaim bahwa solusinya tidak melepaskan metana.

Selain mengurangi emisi, finalis untuk penghargaan ini juga fokus pada risiko lingkungan lainnya. Ini termasuk menghentikan deforestasi di pegunungan Andes di Amerika Selatan, mencegah overfishing dengan penangkapan yang dapat dilacak, dan membersihkan mikroplastik yang dilepaskan dari ban saat karet kendaraan bertemu dengan jalan.

Pencemaran mikroplastik ini adalah perhatian khusus untuk kendaraan listrik, yang umumnya lebih berat daripada mobil konvensional dan dapat menyebabkan pencemaran mikroplastik yang lebih besar.

Untuk mengurangi dampak tersebut, ENSO yang berbasis di London sedang mengembangkan ban yang sangat tahan lama yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik. Startup ini juga telah menciptakan apa yang mereka sebut sebagai model bisnis "bayar per mil", yang memungkinkan pemilik mobil listrik untuk mengadopsi ban ramah lingkungan mereka tanpa investasi awal.

Bill Gates. (Sumber: Bloomberg)

"Kita selalu bisa menggunakan lebih banyak investasi dalam teknologi iklim," kata Bill Gates. 

"Kita membutuhkan banyak modal filantropi,” tambahnya.

Pemenang Penghargaan Earthshot sebelumnya telah mendapat manfaat dari pendanaan dan eksposur. Mukuru Clean Stoves, salah satu pemenang tahun lalu, telah melihat peningkatan penjualan yang signifikan sejak memenangkan penghargaan, menurut pendirinya, Charlot Magayi.

Dia mengatakan perusahaannya sebelumnya memproduksi hingga 7.000 kompor setiap bulan sebelum memenangkan penghargaan, tetapi angka tersebut telah melonjak menjadi 10.000 sejak itu.

Kompor tersebut membakar biomassa yang telah diolah dan dapat menggantikan kompor tradisional yang mengandalkan bahan bakar padat seperti kayu. Melakukannya menghasilkan polusi hingga 90% lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan api terbuka dan 70% lebih sedikit dibandingkan dengan kompor memasak tradisional.

Para 15 finalis ini dipilih dari 1.100 pelamar oleh panel global ilmuwan, akademisi, dan ahli dalam bidangnya, yang menilai perusahaan berdasarkan potensi mereka untuk mengatasi tantangan lingkungan yang mendesak dan dampak yang dapat mereka hasilkan. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 November di Singapura.

(bbn)

No more pages