Logo Bloomberg Technoz

Suksesi Panglima TNI Jelang Pemilu 2024, Ada Menantu Luhut

Pramesti Regita Cindy
20 September 2023 11:30

Panglima TNI Yudo Margono (tengah) di Papua (Dok Puspen TNI)
Panglima TNI Yudo Margono (tengah) di Papua (Dok Puspen TNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada usia 58 tahun, 26 November 2023. Presiden Joko Widodo atau Jokowi harus memilih untuk melakukan penggantian atau memperpanjang tongkat komando pada Yudo hingga pelaksanaan Pemilu 2024 rampung.

Suksesi pucuk pimpinan militer jelang pemilu kerap dinilai rentan karena pemerintah perlu memastikan kesatuan TNI untuk menjaga keamanan. Panglima baru harus menjadi sosok yang bisa menjembatani tiga matra militer. Terutama, jeda antara masa pensiun Yudo dan pemungutan suara kurang dari tiga bulan.

"Pensiunnya Yudo Margono akan membuat proses promosi dan regenerasi di tubuh TNI berjalan secara baik. Kalau diperpanjang justru akan menimbulkan efek negatif yaitu terhambat gerbong regenerasi TNI," kata Pengamat Militer, Beni Sukadis kepada Bloomberg Technoz, Rabu (20/9/2023).

Jokowi sendiri berulang kali dikonfirmasi tentang rencana suksesi Panglima TNI. Akan tetapi, berulang kali juga dia hanya menyampaikan semua masih dalam proses, termasuk soal peluang penggantian atau perpanjangan Yudo Margono.

"Semua opsi ya bisa-bisa saja," kata Jokowi.