Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Syarat bagi Penerusnya: Pertumbuhan Ekonomi Capai 7%

News
20 September 2023 06:10

Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Bloomberg)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Bloomberg)

Chandra Asmara, Grace Sihombing dan Claire Jiao - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini dapat mencapai ekspansi tercepatnya dalam tiga dekade terakhir jika pemimpin berikutnya melanjutkan kebijakan yang telah dicanangkannya. Dia memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) akan mencapai 6% hingga 7%, pada 2027 hingga 2028.

Hal ini bisa tercapai karena Indonesia akan menuai keuntungan dari kebijakan-kebijakan Jokowi yang mencakup pembangunan infrastruktur yang agresif dan hilirisasi. Menurut data yang dikumpulkan, angka tertinggi dari perkiraan tahunan ini akan menjadi laju tercepat sejak 1996.

"Ini harus dipersiapkan agar ada kesinambungan," kata Jokowi kepada Haslinda Amin dari Bloomberg Television dalam sebuah wawancara di Bandung, Selasa (19/9/2023). 

"Setiap pemimpin seharusnya tidak memiliki visi mereka sendiri - mengubah visi dan orientasi akan membuat kita kembali ke awal," ujar Jokowi ketika ditanya apakah presiden berikutnya akan melanjutkan program-program tersebut.