Logo Bloomberg Technoz

Lagarde dan teman-teman lain mengatakan bahwa mungkin masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut.

Ekonom senior euro-area, Maeva Cousin  mengatakan pihaknya sudah memproyeksikan bahwa inflasi akan melambat.

“Kami memproyeksikan baik inflasi umum maupun inflasi inti akan melambat secara signifikan pada bulan September. Pada tanggal 14 September, ECB mengisyaratkan bahwa biaya pinjaman mungkin sudah cukup tinggi untuk mengembalikan inflasi ke sasaran. Penurunan yang berkelanjutan dalam ukuran inflasi yang mendasari kembali dikonfirmasi pada bulan Agustus, seharusnya memberikan keyakinan lebih lanjut kepada Dewan Gubernur terkait penilaian ini. Selama tekanan harga tetap bergerak sesuai tren tersebut, kami harapkan, siklus kenaikan suku bunga mungkin telah berakhir,” kata Cousin.

Gubernur Bank of France, Francois Villeroy de Galhau mengatakan tingkat suku bunga saat ini berada di titik datar. Tetapi tidak jelas berapa lama biaya pinjaman akan tetap sama.

“Kami sangat pragmatis: kami melihat bagaimana perkembangan penyakit inflasi,” katanya, pada Selasa.

“Ada tanda-tanda yang menggembirakan, tetapi seiring berkurangnya ‘penyakit’ dan suatu saat akan menghilang, yaitu kembali menuju 2%, kami akan berhenti mengonsumsi ‘obat’ dan pada saat itu suka bunga ECB dapat kembali turun. Kami belum berada di sana saat ini. Penting untuk bersabar,” tambahnya.

- Dengan asistensi Joel Rinneby dan Barbara Sladkowska.

(bbn)

No more pages