Logo Bloomberg Technoz

Teten Singgung Artis-Influencer yang Doyan Promosi Produk Impor

Dovana Hasiana
19 September 2023 19:30

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Dok: Kementerian Koperasi dan UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Dok: Kementerian Koperasi dan UKM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki turut menyoroti artis hingga influencer yang mempromosikan produk-produk impor. Menurutnya, banyak kalangan tokoh publik (public figure) yang memiliki banyak pengikut (follower) dalam sosial media justru mempromosikan produk-produk dari luar Indonesia. 

Hal ini dinilai berpotensi mempengaruhi para pedagang, baik yang berjualan secara konvensional atau menggunakan platform dagang-el. 

“Memang banyak influencer, figur-figur di kalangan artis di media sosial yang punya follower banyak jadi endorser [dan] mempromosikan produk dari luar,” ujar Teten saat ditemui di Pasar Tanah Abang Blok A, Selasa (19/9/2023). 

“Mungkin ini salah satu yang menyebabkan para pedagang di offline atau di online yang memang bukan public figure memang ada pengaruhnya,” lanjutnya. 

Hal ini juga semakin diperparah dengan adanya arus barang berupa barang konsumsi (consumer goods) yang sangat murah, sehingga produk lokal yang dijual baik secara konvensional maupun melalui platform dagang-el tidak mampu bersaing.