Logo Bloomberg Technoz

Aksi Pedagang Tanah Abang Desak Menkop UKM Hapus TikTok Shop

Dovana Hasiana
19 September 2023 18:35

Aksi pedagang di Pasar Tanah Abang menolak TikTok. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Aksi pedagang di Pasar Tanah Abang menolak TikTok. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang di Blok B, Jakarta Pusat, melakukan aksi dengan memasang poster bertuliskan 'tutup TikTok'. Mereka mendesak pemerintah untuk segera menutup platform dagang-el TikTok Shop.

Adapun poster tersebut ditujukan kepada Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki yang mengunjungi Pasar Tanah Abang pada hari ini, Selasa (19/9/2023). 

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz, para pedagang yang berjualan pakaian di lantai LG Pasar Tanah Abang Blok B memasang poster dari selembar kardus yang bertuliskan ‘Tolong Pak, TikTok Ditutup Pak’, ‘Kembalikan Tanah Abang yang Dulu Pak’, dan ‘Hapus Online Shop’. Poster tersebut tersebar di lantai hingga dipajang pada sebuah manekin. 

Salah seorang pedagang yang memasang kardus ‘Hapus Online Shop’ di depan tokonya, Anton (36) mengatakan, TikTok Shop dan platform dagang-el lainnya dianggap merugikan pedagang offline, seperti di Pasar Tanah Abang. Sebab, harga jual di platform tersebut jauh lebih murah dibandingkan harga di toko offline. 

“Minta tolong sama Pak Menteri, yang online shop TikTok berpengaruh banget buat pedagang disini,” ujar Anton kepada awak media saat ditemui di depan toko nya, Selasa (19/9/2023). 

Aksi pedagang Pasar Tanah Abang tolak TikTok. (Sumber: Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)