Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya pada Juni, SEC mengklaim Binance dan Binance.US, yang dianggap sebagai entitas terpisah yang dimaksudkan untuk melayani klien Amerika, sebenarnya tidak independen dan melanggar beberapa aturan sekuritas AS. Regulator tersebut baru-baru ini juga berpendapat bahwa teknologi Binance.US harus diperiksa untuk lebih memahami kemungkinan keterkaitannya dengan bursa global.

Pihak pengacara Binance.US menyebut pencarian dokumen SEC sebagai "pencarian fakta secara diam-diam" dan "terlalu berlebihan." Binance.US juga menolak untuk menghadirkan para eksekutif tertinggi untuk dideposisi. Dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan langsung tentang keamanan dan penyimpanan aset pelanggan.

Sementara itu, volume perdagangan di Binance.US mengalami penurunan ketika pertarungan bursa kripto ini dengan regulator AS semakin intens. Setelah gugatan SEC diajukan pada bulan Juni, Binance.US kehilangan dukungan perbankannya, menangguhkan deposit dolar AS, dan memulai serangkaian pemecatan. 

Mantan CEO Binance.US, Brian Shroder, meninggalkan perusahaan tersebut pekan lalu, ketika perusahaan melakukan pemecatan sebanyak sepertiga dari sisa tenaga kerjanya.

Matthew Martens, seorang pengacara di WilmerHale yang mewakili Binance.US, mengatakan dalam persidangan bahwa perusahaan tersebut telah merespons setiap "permintaan yang ditargetkan" oleh SEC. 

"Apa yang tidak akan kami tanggapi adalah permintaan dokumen yang bodoh yang berasal dari pemerintah di sini," kata Martens.

Perselisihan atas permintaan SEC untuk mempercepat penemuan adalah awal dari kasusnya melawan Binance.US. Regulator tersebut mengatakan hal ini diperlukan untuk memastikan platform Amerika tersebut memiliki kendali atas aset pelanggan selama proses litigasi berlangsung.

SEC dan Binance.US mencapai kesepakatan untuk tidak sepenuhnya membekukan aset perusahaan setelah regulator menggugat perusahaan tersebut. Sebagai bagian dari kesepakatan, Binance.US hanya dapat mengeluarkan uang untuk menutupi biaya menjalankan bisnisnya. Sejak itu, SEC mengeluh tidak mendapatkan dokumen yang diperlukan, atau mampu mendeposisi saksi-saksi kunci.

"Pada titik tertentu kita harus menghadapi kenyataan dan berjalan keluar dari kasus ini," kata Faruqui, hakim federal, selama persidangan hari Senin tersebut.

--Dengan asistensi dari Olga Kharif dan Misyrlena Egkolfopoulou.

(bbn)

No more pages