Logo Bloomberg Technoz

Rico Frans Diangkat Jadi Chief IT Digital XL Axiata

Krizia Putri Kinanti
18 September 2023 13:11

Rico Usthavia Frans. (Tangkapan layar via Instagram @ricofrans)
Rico Usthavia Frans. (Tangkapan layar via Instagram @ricofrans)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Direktur PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rico Usthavia Frans memutuskan untuk bergabung PT XL Axiata Tbk sebagai Chief IT Digital and Analytics.

Hal tersebut terungkap dalam laman Linked In Rico Frans yang memposting posisi jabatan terbarunya. Pihak XL Axiata telah mengonfirmasi masuknya Rico Frans ke jajaran manajemen mulai bulan ini. 

“Benar pak Rico Usthavia Frans bergabung ke XL Axiata. Posisi beliau sebagai Chief IT, Digital & Analytics Officer,” kata Henry Wijayanto Head of External Communications XL Axiata, Senin (18/9/2023).

Sejalan dengan jabatan barunya, Rico memutuskan untuk berhenti sebagai Komisaris Utama dari PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel. Jabatan Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen MTEL diemban oleh Rico Frans sejak 2022 lalu.

Lahir pada tahun 1970, Rico Usthavia Frans meraih gelar sarjana Teknik Komputer pada tahun 1992 dari Institut Teknologi Bandung. Sempat berkiprah di industri migas selama dua tahun, dia kemudian beralih ke perbankan pada 1995 dengan mengikuti program Associate Management di Citibank.