Logo Bloomberg Technoz

Masuk ke Koalisi 'Rasa' Jokowi, Demokrat Maknai Ulang Perubahan

Pramesti Regita Cindy
18 September 2023 14:40

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY( di kantor DPP Demokrat, Rabu (22/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY( di kantor DPP Demokrat, Rabu (22/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrat kini telah menentukan koalisi ke Koalisi Indonesia Maju usai hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Partai Demokrat kini akan mendukung bakal capres Prabowo Subianto.

Diketahui Koalisi Indonesia Maju merupakan koalisi yang terbentuk dan menyatakan berkiblat pada keberlanjutan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu yang menyebabkan nama koalisi ini identik dengan nama kabinet yang dibentuk oleh Presiden Jokowi.

Sementara Partai Demokrat selama ini memposisikan dirinya menjadi oposisi pemerintahan. Belakangan juga menyebut bahwa tetap akan mengusug tema perubahan. Lalu apakah Demokrat kini berbalik arah ditanggapi oleh Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia mengatakan bahwa Demokrat akan tetap mengambil sikap konsisten memperjuangkan aspirasi perubahan dan perbaikan. 

"Partai Demokrat tetap konsisten memperjuangkan aspirasi perubahan dan perbaikan," kata Kamhar ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (18/9/2023). 

"Aspirasi ini terkandung makna yang sudah baik dilanjutkan dan ditingkatkan yang kurang diperbaiki atau dihentikan, dan menghadirkan hal baru yang relevan," sambungnya.