Logo Bloomberg Technoz

SRBI vs SBN, Kala BI dan Pemerintah Berebut Duit Investor

Ruisa Khoiriyah
18 September 2023 11:00

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pekan ini pasar fixed income di Indonesia akan diramaikan dua lelang surat berharga besar yaitu Surat Utang Negara dan Sertifikat Rupiah Bank Indonesia.

Animo besar pelaku pasar dalam lelang perdana SRBI yang digelar Jumat pekan lalu, diperkirakan menjadi momentum awal pergeseran minat para pemodal dari yang semula memburu SBN tenor panjang, menjadi lebih menyukai SBN tenor pendek menyusul tawaran imbal hasil yang lebih menarik.

Selasa esok lelang SUN dengan target indikatif Rp14 triliun akan digelar oleh pemerintah. Lalu menyusul keesokan hari, Bank Indonesia akan mengadakan lagi lelang SRBI untuk kali kedua.

Dalam lelang SRBI pekan lalu, animo pemodal masuk melampaui perkiraan hingga mencatat incoming bids hampir Rp30 triliun. Pada saat yang sama, tekanan jual terus berlangsung di pasar SBN dengan yield di semua tenor melesat naik terutama tenor 10 tahun.

"Prediksi kami, perpindahan dana investor dari pasar SBN ke SRBI masih akan terjadi pekan ini terdorong oleh lelang SRBI hari Rabu nanti, selain karena tertekan jual dari pasar global juga terutama sentimen kenaikan harga minyak yang terus berlanjut," kata Lionel Prayadi, Macro Strategist Samuel Sekuritas dalam catatan pada investor, Senin (18/9/2023).