Logo Bloomberg Technoz

Saham Asia Jatuh Menyusul Melemahnya Teknologi di Wall Street

News
18 September 2023 08:17

Ilustrasi pasar saham Asia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham Asia (Sumber: Bloomberg)

Tassia Sipahutar dan Toby Alder - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham di Asia jatuh menyusul penurunan yang dipimpin oleh sektor teknologi di Wall Street. Di saat yang sama, investor menantikan pekan penting yang mencakup pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve atau the Fed dan Bank Sentral Jepang atau Bank of Japan (BoJ).

Saham-saham tergelincir di Korea Selatan dan Australia pada pembukaan. Pasar Jepang tutup karena hari libur, dengan Bank Sentral dijadwalkan akan mengadakan pertemuan pekan ini. Kontrak untuk saham AS mengalami kenaikan tipis pada awal sesi perdagangan Asia.

Saham-saham di AS melemah pada hari Jumat, jatuh tempo opsi senilai US$4 triliun yang memperkuat volatilitas. Hal ini mendorong indeks volatilitas ekuitas VIX dari level terendahnya sejak tahun 2020. Kerugian besar terjadi pada saham-saham perusahaan teknologi besar seperti Nvidia Corp. dan Meta Platforms Inc., yang keduanya turun lebih dari 3,5%. Indeks S&P 500 menghapus keuntungan mingguannya, sementara Nasdaq 100 turun 1,8%. Sementara itu, keputusan kebijakan Federal Reserve dijadwalkan pada hari Rabu.

Harga minyak mentah menguat untuk hari ketiga, dengan Brent diperdagangkan sekitar US$94 per barel. Para trader akan mengamati pidato Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman yang dijadwalkan akan berbicara tentang kebijakan dan prospek minyak mentah negaranya pada Senin.