Logo Bloomberg Technoz

Laporan Bank Indonesia, selama periode 11-14 September lalu, pemodal asing mencatat jual neto Rp3,98 triliun. Di pasar saham, pemodal asing juga mencatat jual neto Rp470 miliar pada periode yang sama, berdasarkan data Bank Indonesia. Alhasil, sepanjang 2023, posisi beli neto investor asing semakin turun menjadi Rp75,32 triliun di pasar SBN dan jual neto Rp3,64 triliun di pasar saham.

Di mata analis, tingginya animo dalam lelang perdana SRBI memperkuat momentum pergeseran di pasar surat utang dari tenor panjang 10 tahun ke atas ke tenor pendek 1 tahun ke bawah. "Itu disebabkan oleh level diskonto yang kompetitif [dalam lelang SRBI] sebesar 6,3% untuk 6 bulan, 6,39% untuk 9 bulan, dan 6,4% untuk 12 bulan," kata Lionel Prayadi, Macro Strategist Samuel Sekuritas. 

Pekan ini, perhatian pelaku pasar di dalam negeri juga akan mengarah pada gelar Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan dilangsungkan pada 20-21 September yang akan memberikan pandangan dan penilaian terkini bank sentral terhadap perkembangan perekonomian terakhir.

(rui)

No more pages