Logo Bloomberg Technoz

Membongkar Klaim 'Green' Perusahaan Dunia yang Tak Masuk Akal

News
18 September 2023 07:15

Windex, salah satu produk pembersih yang mengklaim berkelanjutan dan hijau. (Dok: Bloomberg)
Windex, salah satu produk pembersih yang mengklaim berkelanjutan dan hijau. (Dok: Bloomberg)

Olivia Rudgard-Bloomberg News

Bloomberg, Pembuat kebijakan tengah menerbitkan pola greenwashing pada beberapa perusahaan yang dianggap tidak sesuai dengan kenyataan. Namun praktik yang acap kali dilakukan adalah penggambaran yang keliru atas komitmen “hijau”.

Greenwashing merupakan sebuah klaim berlebihan atas kampanye iklim atau aktivitas ramah lingkungan sebuah perusahaan. Hal yang dialami HSBC pada iklannya tahun 2021, yang muncul di papan halte bus di seluruh Inggris dengan jargon “Perubahan iklim tidak kenal batas,” dengan gambar pohon dan ombak lautan.

Dalam iklan kampanye itu disebutkan HSBC membantu menanam 2 juta pohon dan menuju net zero. Hal yang ditolak oleh kelompok kampanye iklan di jalan, Adfree Cities, karena menurut mereka, HSBC telah mengirimkan dana sebesar $130 miliar kepada perusahaan-perusahaan bahan bakar fosil dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menjadi paradoks.

Adfree Cities kemudian mengadu ke regulator industri di Inggris  Advertising Standards Authority (ASA) yang kemudian melarang iklan tersebut karena dianggap sebagai greenwashing.