Logo Bloomberg Technoz

Gabung KIM, Partai Demokrat Akan Ikut Bahas Cawapres Prabowo

Fransisco Rosarians Enga Geken
17 September 2023 20:10

Prabowo Subianto setelah melakukan voting pada 2014. (Sumber: Bloomberg)
Prabowo Subianto setelah melakukan voting pada 2014. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrat akan ikut membahas nama bakal calon wakil presiden (cawapres) bagi calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto. Hal ini terjadi usai Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo dan gabung KIM.

"Semua hal-hal teknis khususnya cawapres dan sebagainya akan dikomunikasikan dan diputuskan bersama-sama [petinggi KIM]. Nanti pada saatnya Partai Demokrat sudah secara resmi mendeklarasikan pilihan politiknya," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Budi Djiwandono seperti dikutip, Minggu (17/9/2023).

Meski demikian, dia belum mau berkomentar apakah Partai Demokrat akan kembali berkukuh mengusung AHY sebagai cawapres pada koalisi yang didukung. Toh, menurut dia, hingga saat ini memang belum ada pengerucutan nama yang pasti untuk calon pendamping Prabowo dalam kontestasi Pemilu 2024.

"Tentu, kita tunggu dulu, sikap resmi dan arah politik Partai Demokrat," ujar Budi.

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bersama sejumlah petinggi Partai Demokrat menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Minggu Sore tadi. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo didampingi seluruh petinggi partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju.