Logo Bloomberg Technoz

KPK Sebut Penyelidikan Kasus Menteri SYL Masuk Tahap Akhir

Mis Fransiska Dewi
17 September 2023 17:30

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian sudah masuk pada tahap akhir. Kasu ini sempat menyeret nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Bahkan politikus Partai Nasdem tersebut sempat harus mendatangi dan menjalani pemeriksaan sebagai saksi terperiksa dalaam perkara tersebut, 19 Juni 2023.

"Untuk perkara SYL, ini masih dalam proses penyelidikan. Tapi sudah pada tahap akhir. Jadi, belum bisa kami sampaikan secara rinci, ditunggu saja," kata pejabat pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu seperti dikutip dari Youtube KPK, Minggu (17/9/2023).

Setelah sempat redup, kasus dugaan korupsi ini kembali mencuat usai beredar informasi berkas hasil penyelidikannya sudah dikirimkan ke pimpinan KPK. Lembaga antirasuah ini tinggal menunggu persetujuan pimpinan untuk mulai menetapkan tersangka dan memulai tahap penyidikan.
 
Asep sendiri mengatakan, penyidik KPK memetakan para terduga pelaku kasus korupsi ini ke dalam tiga klaster. Menteri SYL bersama sejumlah pejabat Kementerian Pertanian berada pada klaster pertama.

Selain SYL, KPK juga sempat memeriksa dua pejabat Kementan yaitu Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi Subagyono; dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta. Dua nama pejabat tersebut juga muncul dalam ekspose kasus yang digelar KPK, 13 Juni 2023.