Logo Bloomberg Technoz

Polisi China Tahan Pejabat dan Sejumlah Staf Evergrande

News
17 September 2023 14:30

Pengembang Properti China Evergrande di Nanjing (Sumber: Bloomberg)
Pengembang Properti China Evergrande di Nanjing (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News -- Jacob Gu

Otoritas Cina menahan beberapa staf bisnis pengelolaan uang China Evergrande Group. Sebuah tanda bahwa kisah seputar pengembang yang gagal bayar di jantung krisis properti negara itu telah memasuki fase baru yang melibatkan sistem peradilan pidana.

Polisi di kota Shenzhen Selatan menyebutkan tindakan tersebut terjadi “Baru-baru ini,” katanya dalam sebuah pernyataan di media sosial pada Sabtu (16/9/2023) malam. Mereka hanya mengidentifikasi salah satu tahanan dengan nama belakang Du. Tidak ada dakwaan yang diungkapkan dan pernyataan itu tidak menyebutkan berapa banyak orang yang ditahan.

Evergrande Financial Wealth Management Co., yang berbasis di Shenzhen, adalah unit Evergrande yang dimiliki sepenuhnya dan didirikan pada  2015. Manajer umum perusahaan tersebut adalah Du Liang. Bloomberg News tidak dapat memverifikasi bahwa dia termasuk di antara para tahanan.

Evergrande berada di tengah krisis kredit yang melanda sektor real estat China dan membatasi pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia. Pengembang yang terlilit utang ini telah melepas sejumlah aset, termasuk sebidang tanah piala dan saham di lembaga keuangan lainnya.