Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Museum Nasional: Nihil Korban, Ditutup Sementara

Mis Fransiska Dewi
17 September 2023 10:01

Museum Nasional di Jakarta. (arsip: museum nasional)
Museum Nasional di Jakarta. (arsip: museum nasional)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebakaran terjadi di Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023)  malam. Kebakaran diduga karena korsleting  listrik di bagian belakang luar pameran museum yang berasal dari area bedeng tukang saat melaksanakan perbaikan gedung blok C. 

“Kronologi kebakaran yakni security sedang melaksanakan apel. Pada pukul 19.58 terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Lalu alarm gedung berbunyi dan ketika dikroscek api sudah membesar,” kata Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Marwono, dikutip Minggu (17/9/2023).

Marwono menyebut menerima laporan kebakaran Museum Nasional pukul 20.00. Adapun total 56 petugas dan 14 unit pemadam kebakaran memadamkan api hingga pukul 21.47.

Situasi Terkini

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan, situasi di Museum Nasional Indonesia (MNI) telah terkendali.

"Kami berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah yang terdampak. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," kaya Mahendra.