Logo Bloomberg Technoz

‘Shutdown’ Pemerintahan AS, Definisi, Dampak, dan Sejarahnya

News
16 September 2023 13:00

Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Amerika Serikat (AS) (Sumber: Bloomberg)

Erik Wasson - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah AS mendekati kemungkinan penutupan pemerintahan atau shut down lagi apabila Kongres tidak undang-undang pengeluaran anggaran sementara yang berlaku hingga dimulainya tahun fiskal baru pada 1 Oktober.

Kenangan tentang penutupan pemerintahan terpanjang dalam sejarah AS masih segar dalam ingatan, yang berlangsung selama 35 hari pada akhir 2018 hingga awal 2019, usai desakan Presiden Donald Trump untuk mendapatkan anggaran belanja US$5,7 miliar guna membangun dinding di perbatasan dengan Meksiko.

1. Mengapa pemerintahan ditutup?

Pemerintah AS dijalankan melalui 12 undang-undang pengeluaran yang disahkan setiap tahun oleh Kongres dan ditandatangani oleh presiden. Pada tahun fiskal seperti tahun ini, ketika semua 12 undang-undang belum diadopsi pada awal tahun fiskal tanggal 1 Oktober - jumlah saat ini adalah nol, bagi yang menghitung - Kongres dan presiden menjaga mesin pemerintahan tetap berjalan dengan melewati perpanjangan pendanaan saat ini, yang dikenal secara resmi sebagai "continuing resolutions" (CR). Jika mereka tidak bisa setuju pada CR, pemerintah AS akan mengalami apa yang disebut sebagai "funding gap" dan lembaga-lembaga federal mungkin perlu mengambil langkah-langkah untuk menutup.