Logo Bloomberg Technoz

Namun, Arroyantoro tidak menampik adanya efisiensi waktu bila menggunakan KCJB, karena perjalanan dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar memakan waktu kurang dari satu jam.

Petugas mengatur bangku Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

 Senada, Ida yang merupakan warga Kecamatan Makasar berharap agar tarif KCJB bisa lebih murah, khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga. 

“Kalau Rp250 ribu oke lah ya, kalau Rp350 ribu (harusnya) pulang pergi ya,” katanya saat ditemui di KCJB. 

"Harapannya jangan mahal-mahal. Kalau Rp 250 ribu itu kan udah pebisnis kali ya, kalau ibu rumah tangga kan juga pada pengin tuh. Bisa lah kalau Rp 200 ribuan," lanjutnya.

Heru, warga dari Kelurahan Halim juga berharap agar harga tiket bisa lebih terjangkau. Namun, dia tidak menjelaskan nominal harga yang dianggap terjangkau. 

Belum Ditentukan

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator proyek KCJB belum menentukan secara resmi ihwal tarif tiket dari KCJB. Namun, telah terdapat beberapa usulan harga tiket, khususnya untuk kelas ekonomi premium (premium economy) yang dipatok sebesar Rp250 ribu. 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Selain itu, KCIC juga mengusulkan tarif bundling KCJB sebesar Rp300 ribu, sudah termasuk tarif KCJB serta LRT dan KA Feeder dari Stasiun Padalarang ke Bandung.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan pihaknya mengusulkan tarif KCJB sebesar Rp250 ribu untuk kelas ekonomi premium. Artinya terdapat selisih Rp50 ribu bila masyarakat memilih untuk membeli tarif tiket bundling. Harga itu tentu akan berbeda dengan business class dan first class dan mengikuti harga pasar (dinamic price).  

“Premium economy di Rp250 ribu, artinya bundling tiket dengan LRT, Feeder, apakah di Rp300 ribu itu nanti, kalau first class and business class pasti kita menggunakan dinamic pricing kan, karena segmennya berbeda,” ujar Dwiyana saat ditemui di Stasiun Halim KCJB, Rabu (13/9/2023). 

Meski demikian, usulan tarif tiket bundling ini masih didiskusikan dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan LRT Jabodebek.

(dov/ggq)

No more pages