Logo Bloomberg Technoz

Gus Yusuf Ungkap Jokowi Sodorkan Prabowo-Erick, Ini Kata PKB

Pramesti Regita Cindy
15 September 2023 22:34

Waketum PKB Jazilul Fawaid di Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Waketum PKB Jazilul Fawaid di Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beredar video Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf mengungkap bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminta agar Ketua Umum Muhaimin Iskandar mendukung Prabowo-Erick Thohir, capres-cawapres Pemilu 2024. Hal tersebut kata Gus Yusuf disampaikan ketika dia mendampingi Muhaimin Iskandar bertemu Presiden Jokowi sebelum acara harlah PKB beberapa waktu lalu. Mereka mengundang Jokowi untuk hadir di hajatan besar PKB itu. Diketahui harlah ke-25 PKB pada tahun ini diadakan di Solo, Jawa Tengah yakni pada Minggu (23/7/2023) silam.

Dia mengatakan, karena dirinya dilirik Muhaimin untuk memberi jawaban ke Presiden Jokowi maka Gus Yusuf menjawab kepada Jokowi. Dia menyebut, pihaknya akan keberatan karena baik Prabowo maupun Erick tak punya hubungan langsung dengan Nahdlatul Ulama (NU).

"Minta maaf bapak, kalau PKB diminta dukung Prabowo-Erick, jujur kita keberatan. Kedua-keduanya tidak ada irisan NU-nya,” kata Gus Yusuf dalam video tersebut.

Gus Yusuf mengutarakan, PKB dengan tegas menolak mendukung Prabowo-Erick. “Kiai-kiai di bawah bingung, kampanye bagaimana? saya sampaikan terbuka waktu itu. Intinya kita nolaklah,” kata dia.

Diketahui tak lama setelah acara harlah PKB, Muhaimin memang malah merapat ke Partai NasDem dan dia kemudian dideklarasikan menjadi bakal cawapres untuk Anies Baswedan beberapa pekan lalu.