Logo Bloomberg Technoz

Perdana Naik Kereta Cepat Jakarta—Bandung: Melaju 351 Km/Jam

Dovana Hasiana
15 September 2023 19:15

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Uji coba Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) untuk umum resmi digelar hari ini, Jumat (15/9/2023), secara terbatas. Pada tahap awal, masyarakat terdampak yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat mendapatkan prioritas untuk menjajal kereta ini.

Bloomberg Technoz mendapatkan kesempatan untuk ikut menjajal dengan keberangkatan dari Stasiun Halim, Jakarta Timur menuju Stasiun Tegalluar, Jawa Barat dengan kecepatan 351 kilometer per jam.

Kereta mulai meninggalkan Stasiun Halim pada pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan tiba di Stasiun Padalarang pada 14.27 WIB. Artinya, perjalanan dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang memakan waktu 27 menit.

Calon penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Bandung bisa menggunakan KA feeder yang akan berhenti di Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung. Adapun, perjalanan dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung adalah 20 menit. 

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti menerangkan, calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke Bandung Utara dan Bandung Barat bisa turun di Stasiun Padalarang.