Logo Bloomberg Technoz

PTFI sendiri kini tengah mendapat tugas dari pemerintah untuk membangun smelter katoda tembaga yang terletak di Gresik, Jawa Timur.

Pabrik tersebut merupakan fasilitas pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga kedua milik PTFI yang tengah dibangun di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE) dengan luas total sekitar 100 hektare (ha), sebagai salah satu syarat perpanjangan IUPK Freeport hingga 2041.

Tony menjelaskan progres pembangunan proyek tersebut kini telah mencapai 78% per Agustus 2023. Dia pun optimistis pabrik katoda tembaga terbesar di dunia itu bakal beroperasi penuh pada Mei 2024, tepat dengan tenggat yang diberikan pemerintah.

Adapun, ramp up atau peningkatan produksi smelter berkapasitas pengolahan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun itu diharapkan dapat terealisasi pada akhir 2024. Smelter tersebut juga digadang-gadang sebagai pabrik katoda tembaga terbesar di dunia.  

Menko Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi smelter Freeport (Dok. Humas Kemenko Perekonomian)

Smelter Manyar juga sempat menjadi musabab 'seteru' pemerintah dengan PTFI soal penetapan bea keluar dan keterlambatan pembangunan smelter yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 71/2023 tentang Perubahan Ketiga Atas PMK No. 39/2022 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

Pada 2018, PTFI setuju untuk memperluas kapasitas smelter guna memproses semua konsentrat tembaganya di Indonesia. Namun, hingga saat ini proyek fasilitas pemurnian tersebut tercatat tidak kunjung mendekati rampung lantaran sempat terhambat pandemi Covid-19.

Hal itu membuat pemerintah kembali mengeluarkan peraturan yang mensyaratkan PTFI harus membayar bea keluar sebsar 7,5% jika proyek smelter Gresik itu tidak mencapai 70%—90% hingga akhir tahun ini.

Sebagaimana dikutip dalam Catatan 12 Formulir 10-K FCX 2022 laporan Freeport-McMorran, pada Maret 2022, PTFI membayar denda administrasi kepada Pemerintah Indonesia sebesar US$57 juta (termasuk biaya sebesar US$41 juta yang dicatat pada kuartal I-2022) terkait dengan keterlambatan itu.

Pada Mei 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengeluarkan keputusan yang menetapkan formula revisi denda administrasi untuk keterlambatan pembangunan smelter, dengan mempertimbangkan tunjangan untuk penundaan akibat pandemi sebagaimana diverifikasi oleh pihak ketiga.

Sampai dengan semester I-2023, menurut laporan kuartalan induk PTFI, Freeport-McMorran Inc., belanja modal atau capital expenditure (capex) PTFI untuk proyek smelter di Indonesia telah mencapai USS$0,8 miliar (sekitar Rp12,14 triliun).

Perusahaan berkode saham FCX di New York Stock Exchange (NYSE) itu mengeklaim kapasitas mengolah mengolah sekitar 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun telah mencapai progres konstruksi sebesar 75% per Juli.

Adapun, pembangunan smelter Manyar diperkirakan menelan biaya US$3 miliar, termasuk US$2,8 miliar untuk kontrak konstruksi (tidak termasuk kapitasi bunga, biaya pemilik, dan commissioning), serta US$0,2 miliar untuk investasi di pabrik desalinisasi.

(ibn/wdh)

No more pages