Logo Bloomberg Technoz

Dua Calon Deputi Gubernur BI Jalani Uji Kelayakan di DPR

Krizia Putri Kinanti
13 February 2023 11:51

Ilustrasi Kantor Bank Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Kantor Bank Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) hari ini, Senin (13/2/2023) menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR RI.

Kandidat calon deputi BI tersebut adalah Filianingsih Hendrarta dan Dwi Pranoto. Kedua calon ini berasal dari internal Bank Indonesia. Uji kelayakan dan kepatutan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir. Berikut profil dari masing-masing calon deputi BI dikutip dari laman Bank Indonesia:

Filianingsih Hendarta. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

1.Filianingsih Hendrarta

Filiani lahir di Surabaya pada tahun 1963 dan menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Ia mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992. 

Wanita yang akrab disapa Fili ini mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1986, Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. Fili pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

"Jika nantinya kami terpilih menjadi Deputi Gubernur BI, kami memiliki visi misi terwujudnya perekonomian nasonal yang tidak hanya berdaya tahan tapi juga progresif dan inklusif melalui akselerasi transformasi ekonomi dan keuangan digital yang efektif dan sinergis untuk kebangkitan Indonesia," tuturnya pada pembukaan fit and proper test di DPR, Senin (13/2/2023).

Dwi Pranoto. (Dok. BI)