Logo Bloomberg Technoz

Optimisme Mengiringi Pergerakan IHSG Akhir Pekan Ini

Muhammad Julian Fadli
15 September 2023 07:55

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 15 September 2023 berpotensi melanjutkan tren naik dengan optimisme yang kuat, seiring dengan meningkatnya keyakinan Bank Sentral Amerika Serikat akan menahan tingkat suku bunga acuan pada pertemuan September.

Pada perdagangan kemarin, Kamis (14/9/2023) IHSG berhasil menguat 23,85 poin atau setara dengan kenaikan 0,34% dengan menutup perdagangan pada level 6.959,33.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Jumat 15 September (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan, dengan menuju area resistance potensialnya pada trendline garis putih pada area level 6.980. Dan IHSG memiliki support kuat pada level 6.934 yang jadi penopang apabila pelemahan kembali terjadi.

Adapun untuk resistance selanjutnya pada level 7.005, dan apabila berhasil break dengan volume yang optimis, berpotensi menuju 7.020 sebagai target penguatan selanjutnya pada trendline garis hijau.

Sentimen pada perdagangan hari ini datang dari global, dan juga dalam negeri. Inflasi Amerika Serikat tercatat naik 3,7% yoy pada Agustus, lebih cepat dari kenaikan 3,2% yoy pada Juli dan sedikit di atas ekspektasi kenaikan 3,6%yoy. Kenaikan ini dipicu oleh tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).